Metode Pembelajaran Terbaik untuk Pendidik A dan Pendidik B Selama Pandemi Covid-19

essays-star 4 (298 suara)

Dalam menghadapi tantangan pembelajaran selama pandemi Covid-19, pendidik diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan inovasi terbaru dalam proses pengajaran. Kasus yang melibatkan Pendidik A, seorang pendidik senior yang kesulitan menggunakan teknologi, dan Pendidik B, seorang pendidik muda yang mahir dalam teknologi namun dihadapkan pada kendala sinyal internet saat melakukan video conference, memerlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.

Untuk Pendidik A, metode pembelajaran Daring Method bisa menjadi pilihan efektif. Dengan metode ini, siswa dapat belajar dari rumah menggunakan fasilitas yang ada serta berinteraksi secara online dengan guru mereka. Hal ini akan membantu Pendidik A untuk tetap memberikan materi pelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Sementara itu, bagi Pendidik B yang memiliki masalah dengan kualitas sinyal internet saat video conference, Blended Learning bisa menjadi solusi ideal. Melalui kombinasi antara pembelajaran daring dan tatap muka melalui video conference, siswa tetap dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar meskipun tidak hadir fisik di sekolah.

Selain itu, Luring Method juga bisa dipertimbangkan sebagai alternatif bagi kedua pendidik tersebut. Dengan menjaga protokol kesehatan dan zonasi tertentu agar tidak terjadi kerumunan siswa dalam satu waktu tertentu saat pembelajaran tatap muka dilakukan di luar jaringan.

Referensi:

1. "Blended Learning Models for the Classroom" - by Catlin Tucker (https://catlintucker.com/2020/03/blended-learning-models-for-the-classroom/)

2. "The Online Teaching Survival Guide: Simple and Practical Pedagogical Tips" - by Judith V Boettcher & Rita-Marie Conrad