Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Geometri Ruang Melalui Metode Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Menengah Kejuruan

essays-star 4 (170 suara)

Pembelajaran matematika merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan Indonesia, namun seringkali pembelajaran ini kurang menarik bagi siswa sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik pada konsep matematika geometri ruang. Penelitian menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik terhadap konsep Matematika Geometri Ruang. Hal ini terbukti dari peningkatan minat dan sikap peserta didik serta hasil akhir berupa project yang ingin dibuat. Pada siklus pertama, rata-rata hasil evaluasi belajar siswa adalah 60-69 (Cukup), namun setelah perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, rata-rata hasil evaluasi belajar mencapai 80-100 (Memuaskan) dengan tingkat ketuntasan di atas 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Matematika Geometri Ruang pada siswa kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan St Josep Langgur.

Kata Kunci: Geometri Riang Matematika, Project Based Learning (PjBL)

Catatan: Konten telah disesuaikan dengan kebutuhan artikel argumentatif dan tidak melebihi persyaratan jumlah kata yang ditentukan.