Tantangan Media dan Perusahaan BUMN dalam Menghadapi Perubahan Industri dan Ekonomi

essays-star 4 (263 suara)

Industri media dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dihadapkan pada tantangan besar dalam menghadapi perubahan perilaku masyarakat dan dinamika ekonomi saat ini. Menurut Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro, kreativitas dan inovasi menjadi kunci utama bagi media agar tetap relevan di tengah gempuran media sosial dan homeless media. Peralihan perilaku masyarakat dalam mencari informasi telah mengubah lanskap industri media, tidak lagi didominasi oleh media arus utama. Hal ini menuntut media untuk beradaptasi dan berinovasi guna mempertahankan eksistensinya.

Sementara itu, Ketua Federasi Sinergi BUMN, Anton Witarman, juga menyoroti perubahan industri dan ekonomi yang menuntut perusahaan BUMN untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya. Ancaman penyusutan pendapatan dapat berdampak pada masalah ketenagakerjaan, seperti perubahan status hukum perusahaan, klasterisasi, dan efisiensi pekerja. Dengan demikian, perusahaan BUMN juga dihadapkan pada tekanan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut guna memastikan kelangsungan operasional dan keberlanjutan bisnis mereka.

Kedua sektor ini, baik media maupun BUMN, harus siap menghadapi perubahan industri dan ekonomi dengan strategi yang tepat. Tantangan ini tidak hanya bersifat individual bagi setiap entitas, melainkan juga bersifat kolektif yang membutuhkan kerja sama antar pelaku industri dan pemerintah untuk menciptakan solusi yang berkelanjutan.