Perkembangan Sosial Anak Usia SD: Meningkatkan Keterlibatan dan Kerjasama\x0a\x0a2.
Perkembangan sosial anak usia SD adalah fenomena yang menarik untuk diteliti, terutama dalam konteks perluasan hubungan sosial mereka. Pada usia ini, anak-anak tidak hanya berinteraksi dengan anggota keluarga mereka, tetapi juga dengan teman sebaya (peer group). Hal ini menghasilkan peningkatan ruang gerak hubungan sosial mereka.
Pada usia SD, anak-anak mengalami perubahan dalam sikap sosial mereka. Mereka mulai beralih dari sikap egosentris, di mana mereka berfokus pada diri sendiri, menjadi lebih kooperatif dan mampu memperhatikan kepentingan orang lain (sosiosentris). Anak-anak ini juga mulai menunjukkan minat yang lebih besar terhadap kegiatan bersama teman sebaya dan memiliki keinginan yang kuat untuk diterima sebagai anggota kelompok atau "gang". Mereka merasa tidak senang jika ditolak oleh kelompoknya dan dapat menyesuaikan diri dengan kelompok teman sebaya serta lingkungan masyarakat sekitarnya.
Dalam konteks pendidikan, kematangan perkembangan sosial ini dapat dimanfaatkan atau dimaknai dengan memberikan tugas-tugas kelompok kepada anak-anak. Tugas-tugas ini dapat melibatkan tenaga fisik seperti membersihkan kelas dan halaman sekolah, maupun tugas yang membutuhkan pikiran seperti merencanakan kegiatan berkemah dan proyek lainnya. Dengan memberikan tugas-tugas seperti ini, anak-anak dapat belajar bekerja sama dengan rekan sekelas mereka sambil mengembangkan keterampilan sosial mereka.
Dalam penulisan artikel ini, penting untuk memastikan bahwa konten berputar di sekitar kebutuhan artikel dan sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Selain itu, perlu dihindari penggunaan bahasa yang sensitif seperti percintaan, kekerasan, atau penipuan. Gaya penulisan harus