Bagaimana Mesin 2 Langkah Bekerja? Sebuah Penjelasan Sederhana

essays-star 4 (205 suara)

Mesin dua langkah, atau mesin dua-tak, adalah jenis mesin pembakaran internal yang terkenal dengan desainnya yang sederhana dan kemampuannya untuk menghasilkan tenaga yang kuat. Mesin ini sering digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari sepeda motor dan perahu hingga mesin pemotong rumput dan gergaji mesin. Meskipun desainnya sederhana, memahami cara kerja mesin dua langkah dapat menjadi sedikit rumit. Artikel ini akan memberikan penjelasan sederhana tentang cara kerja mesin dua langkah, membahas siklus operasinya dan komponen utamanya.

Mesin dua langkah, seperti namanya, menyelesaikan siklus pembakaran dalam dua langkah yang berbeda, yang terjadi dalam satu putaran poros engkol. Ini berbeda dengan mesin empat langkah, yang menyelesaikan siklus pembakaran dalam empat langkah terpisah. Siklus dua langkah ini memungkinkan mesin untuk menghasilkan lebih banyak tenaga daripada mesin empat langkah dengan ukuran yang sama, karena mesin dua langkah dapat menghasilkan lebih banyak ledakan per putaran poros engkol.

Siklus Operasi Mesin Dua Langkah

Siklus operasi mesin dua langkah dapat dibagi menjadi dua langkah utama: langkah kompresi dan langkah pembakaran.

Langkah Kompresi:

* Intake: Saat piston bergerak ke atas, ia menciptakan ruang hampa di crankcase. Hal ini menyebabkan campuran bahan bakar dan udara yang baru dihisap melalui saluran masuk ke crankcase.

* Transfer: Saat piston mencapai titik teratas, ia menutup saluran masuk dan membuka port transfer. Tekanan di crankcase memaksa campuran bahan bakar dan udara melalui port transfer ke ruang bakar.

* Kompresi: Saat piston bergerak ke bawah, ia mengompres campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Langkah Pembakaran:

* Pengapian: Saat piston mendekati titik terbawah, busi memicu campuran bahan bakar dan udara, menyebabkan pembakaran.

* Ekspansi: Pembakaran menghasilkan tekanan tinggi yang mendorong piston ke bawah, menghasilkan tenaga.

* Buang: Saat piston bergerak ke atas, ia membuka port buang, memungkinkan gas buang untuk keluar dari ruang bakar.

Komponen Utama Mesin Dua Langkah

Mesin dua langkah terdiri dari beberapa komponen utama, yang bekerja bersama untuk menghasilkan tenaga. Komponen-komponen ini meliputi:

* Crankcase: Crankcase adalah ruang tertutup yang terletak di bawah piston. Crankcase berfungsi sebagai ruang intake untuk campuran bahan bakar dan udara dan juga sebagai pompa untuk memindahkan campuran ke ruang bakar.

* Piston: Piston adalah komponen bergerak yang bergerak naik turun di dalam silinder. Piston berfungsi untuk mengompres campuran bahan bakar dan udara dan juga untuk menghasilkan tenaga.

* Silinder: Silinder adalah ruang tertutup di mana piston bergerak. Silinder berfungsi untuk menahan campuran bahan bakar dan udara selama proses kompresi dan pembakaran.

* Port Transfer: Port transfer adalah saluran yang menghubungkan crankcase ke ruang bakar. Port transfer memungkinkan campuran bahan bakar dan udara untuk masuk ke ruang bakar selama langkah kompresi.

* Port Buang: Port buang adalah saluran yang menghubungkan ruang bakar ke atmosfer. Port buang memungkinkan gas buang untuk keluar dari ruang bakar selama langkah pembuangan.

* Busi: Busi adalah perangkat yang memicu campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

* Karburator: Karburator adalah perangkat yang mencampur bahan bakar dan udara untuk membentuk campuran yang dapat dibakar.

Keuntungan dan Kerugian Mesin Dua Langkah

Mesin dua langkah memiliki beberapa keuntungan dan kerugian dibandingkan dengan mesin empat langkah.

Keuntungan:

* Tenaga yang lebih tinggi: Mesin dua langkah dapat menghasilkan lebih banyak tenaga daripada mesin empat langkah dengan ukuran yang sama.

* Desain yang lebih sederhana: Mesin dua langkah memiliki desain yang lebih sederhana daripada mesin empat langkah, yang membuatnya lebih murah untuk diproduksi dan diperbaiki.

* Bobot yang lebih ringan: Mesin dua langkah biasanya lebih ringan daripada mesin empat langkah, yang membuatnya ideal untuk aplikasi seperti sepeda motor dan perahu.

Kerugian:

* Emisi yang lebih tinggi: Mesin dua langkah menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada mesin empat langkah.

* Konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi: Mesin dua langkah cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi daripada mesin empat langkah.

* Pelumasan yang lebih rumit: Mesin dua langkah memerlukan pelumasan yang lebih rumit daripada mesin empat langkah.

Kesimpulan

Mesin dua langkah adalah jenis mesin pembakaran internal yang terkenal dengan desainnya yang sederhana dan kemampuannya untuk menghasilkan tenaga yang kuat. Mesin ini bekerja dengan menyelesaikan siklus pembakaran dalam dua langkah yang berbeda, yang terjadi dalam satu putaran poros engkol. Mesin dua langkah memiliki beberapa keuntungan dan kerugian dibandingkan dengan mesin empat langkah, dan pilihan antara keduanya tergantung pada aplikasi tertentu. Meskipun mesin dua langkah mungkin tidak sepopuler dulu, mereka masih digunakan dalam berbagai aplikasi, dan pemahaman tentang cara kerjanya tetap penting.