Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan IPS di SD: Membangun Kesadaran Hukum dan Ketertiban"\x0a\x0a2.
a. Pendahuluan:
- Menggambarkan perubahan dunia yang disebabkan oleh globalisasi.
- Menyatakan pentingnya pendidikan IPS di SD dalam menghadapi tantangan globalisasi.
b. Hubungan Masalah Hukum, Ketertiban, dan Kesadaran Hukum dengan Pendidikan IPS di SD:
- Membahas peran hukum, ketertiban, dan kesadaran hukum dalam masyarakat.
- Menjelaskan bagaimana masalah ini terkait dengan pendidikan IPS di SD.
c. Peran Guru sebagai fasilitator dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran:
- Menekankan pentingnya peran guru dalam mengajarkan IPS di SD.
- Membahas pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model yang digunakan dalam proses pembelajaran.
d. Analisis Perbedaan Pendekatan, Strategi Pembelajaran, Metode, Teknik, dan Model dalam Pembelajaran IPS di SD:
- Membandingkan berbagai pendekatan dan metode yang digunakan dalam mengajarkan IPS di SD.
- Menyatakan kelebihan dan kekurangan dari setiap pendekatan.
e. Rancangan Ranah dan Tingkat Siswa dalam Perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (RPP) IPS di SD Kelas Rendah:
- Menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk merancang RPP yang efektif.
- Memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana merancang RPP untuk mengajarkan IPS di SD kelas rendah.
f. Penerapan Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Tepat dalam Mengajarkan IPS di SD Kelas Rendah:
- Membahas langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk menerapkan model RPP yang efektif.
- Memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana menerapkan model RPP untuk mengajarkan IPS di SD kelas rendah.
3. Penutup:
- Merang