Mengapa Bu Is tidak mencapai targetnya dalam mengajar IPA kepada kelas V SD?

essays-star 3 (292 suara)

Dalam mengajar IPA kepada kelas V SD, Bu Is telah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Dia telah mempersiapkan media berupa gambar organ pernapasan dan model organ pernapasan manusia, serta memberikan LKS tentang nama-nama organ pernapasan manusia. Selain itu, Bu Is juga memberikan apersepsi bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu tentang jenis/jenis organ pernapasan manusia dan fungsi masing-masing organ tersebut.

Namun, meskip mencapai targetnya, yaitu 75% atau lebih dari siswa mendapatkan nilai 75 ke atas. Setelah mengadakan evaluasi, hanya 10 orang dari 30 siswa yang mencapai target tersebut.

Untuk mencari tahu penyebab masalah ini, Bu Is harus menganalisis beberapa faktor yang mungkin telah mempengaruhi hasil pembelajaran. Salah satunya adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun Bu Is telah menyediakan media dan model yang menarik, mungkin masih ada ruang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dengan cara yang lebih interaktif.

Faktor lain yang mungkin telah mempengaruhi hasil adalah kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Meskipun Bu Is telah memberikan LKS dan menjelaskan fungsi masing-masing organ pernapasan, mungkin masih ada kebingungan atau kebingungan yang belum diatasi oleh siswa.

Selain itu, faktor lain yang mungkin telah mempengaruhi hasil adalah kurangnya dukungan atau bimbingan yang diberikan oleh Bu Is kepada siswa. Meskipun dia telah memberikan evaluasi dan koreksi, mungkin masih ada kebutuhan untuk memberikan dukungan tambahan kepada siswa yang kesulitan dalam memahami materi.

Untuk mencapai targetnya, Bu Is harus mempertimbangkan beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman siswa, dan dukungan yang diberikan kepada siswa. Ini dapat mencakup mengadakan diskusi kelompok, memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang kesulitan, dan menyediakan sumber daya tambahan seperti video atau game interaktif yang terkait dengan materi yang diajarkan.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Bu Is dapat meningkatkan peluangnya untuk mencapai targetnya dan membantu siswa memahami pentingnya organ pernapasan dan fungsi masing-masing organ tersebut.