Asesmen Formatif dan Sumatif di Era Kurikulum Merdeka: Sebuah Tinjauan Kritis

essays-star 4 (176 suara)

Asesmen formatif dan sumatif telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan kita. Dalam era Kurikulum Merdeka, penting untuk memahami bagaimana kedua jenis asesmen ini diterapkan dan bagaimana mereka dapat membantu meningkatkan proses belajar mengajar. Artikel ini akan membahas apa itu asesmen formatif dan sumatif, bagaimana mereka diterapkan dalam Kurikulum Merdeka, keuntungan dan kerugian mereka, peran guru dalam asesmen ini, dan tantangan dalam menerapkannya.

Apa itu asesmen formatif dan sumatif dalam konteks pendidikan?

Asesmen formatif dan sumatif adalah dua jenis evaluasi yang digunakan dalam pendidikan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Asesmen formatif adalah proses evaluasi yang berlangsung selama proses belajar mengajar, memberikan umpan balik langsung kepada siswa dan guru tentang kemajuan belajar. Ini membantu guru menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa. Sebaliknya, asesmen sumatif adalah evaluasi yang dilakukan pada akhir unit atau kursus untuk menentukan sejauh mana siswa telah memahami materi.

Bagaimana asesmen formatif dan sumatif diterapkan dalam Kurikulum Merdeka?

Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen formatif dan sumatif diterapkan dengan cara yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa. Asesmen formatif dapat berupa diskusi kelas, tugas kelompok, atau proyek individu yang memungkinkan siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang materi dalam berbagai cara. Asesmen sumatif dapat berupa tes tertulis, presentasi, atau proyek akhir yang menilai pemahaman siswa tentang keseluruhan materi kursus.

Apa keuntungan dan kerugian asesmen formatif dan sumatif dalam Kurikulum Merdeka?

Keuntungan asesmen formatif dan sumatif dalam Kurikulum Merdeka adalah bahwa mereka memungkinkan siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara, bukan hanya melalui tes tertulis. Ini membantu siswa yang mungkin tidak baik dalam tes standar untuk menunjukkan pemahaman mereka. Namun, kerugiannya adalah bahwa asesmen ini dapat memakan waktu dan sumber daya yang signifikan, dan mungkin sulit untuk menilai secara objektif.

Bagaimana peran guru dalam asesmen formatif dan sumatif dalam Kurikulum Merdeka?

Peran guru dalam asesmen formatif dan sumatif dalam Kurikulum Merdeka adalah untuk merancang dan melaksanakan asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru juga bertanggung jawab untuk memberikan umpan balik kepada siswa tentang kinerja mereka dan membantu mereka memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan pemahaman mereka.

Apa tantangan dalam menerapkan asesmen formatif dan sumatif dalam Kurikulum Merdeka?

Tantangan dalam menerapkan asesmen formatif dan sumatif dalam Kurikulum Merdeka termasuk memastikan bahwa asesmen tersebut adil dan objektif, mengelola beban kerja yang mungkin meningkat bagi guru, dan memastikan bahwa siswa memahami tujuan dan proses asesmen.

Asesmen formatif dan sumatif memainkan peran penting dalam pendidikan, terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka. Meskipun ada tantangan dalam penerapannya, manfaatnya dalam membantu siswa memahami dan memperdalam pengetahuan mereka tidak dapat disangkal. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang asesmen ini, kita dapat berharap untuk melihat peningkatan dalam kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa.