Analisis Pengaruh Iman Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMA Negeri 24
Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iman terhadap prestasi akademik siswa SMA Negeri 24. Iman merupakan faktor penting dalam kehidupan siswa, dan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk prestasi akademik. SMA Negeri 24 dipilih sebagai lokasi penelitian karena merupakan salah satu sekolah menengah atas yang memiliki siswa yang beragam latar belakang dan tingkat iman yang berbeda. Teori: Penelitian ini akan menggunakan teori sosial-kognitif sebagai kerangka teoritis. Teori ini menyatakan bahwa iman dapat mempengaruhi motivasi, persepsi diri, dan strategi belajar siswa, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi prestasi akademik mereka. Sampel penelitian akan terdiri dari 100 siswa SMA Negeri 24 yang dipilih secara acak. Metode: Penelitian ini akan menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data. Siswa akan diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan tentang tingkat iman mereka dan prestasi akademik mereka. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi untuk mengidentifikasi hubungan antara iman dan prestasi akademik. Populasi: Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 24. Namun, karena keterbatasan waktu dan sumber daya, penelitian ini akan memilih 100 siswa sebagai sampel penelitian. Kesimpulan: Dengan melakukan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh iman terhadap prestasi akademik siswa SMA Negeri 24. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program pendidikan yang lebih efektif yang memperhatikan faktor iman dalam meningkatkan prestasi akademik siswa.