Sikap Positif dalam Lingkungan Sekolah dan Keluarga yang Sesuai dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Pada bagian ini, kita akan membahas contoh sikap positif yang sesuai dengan pokok pikiran ketiga pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dalam lingkungan sekolah dan keluarga. Sikap positif yang sesuai dengan pokok pikiran ketiga pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah semangat gotong royong. Di lingkungan sekolah, siswa dapat menunjukkan sikap gotong royong dengan saling membantu dalam kegiatan belajar, seperti membantu teman yang kesulitan dalam memahami materi pelajaran atau bekerja sama dalam proyek kelompok. Selain itu, siswa juga dapat menunjukkan sikap gotong royong dengan ikut serta dalam kegiatan sosial di sekolah, seperti membersihkan lingkungan sekolah atau mengadakan kegiatan amal. Di lingkungan keluarga, sikap gotong royong dapat ditunjukkan dengan saling membantu dalam pekerjaan rumah tangga, seperti membersihkan rumah bersama-sama atau membantu orang tua dalam memasak. Selain itu, anggota keluarga juga dapat menunjukkan sikap gotong royong dengan saling mendukung dan menghargai satu sama lain dalam menghadapi tantangan dan kesulitan. Sikap gotong royong ini sesuai dengan pokok pikiran ketiga pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang menekankan pentingnya kerjasama dan persatuan dalam membangun negara. Dengan menunjukkan sikap gotong royong dalam lingkungan sekolah dan keluarga, kita dapat menjadi generasi yang memiliki sikap positif dan siap untuk berkontribusi dalam membangun bangsa. Dalam kesimpulan, sikap gotong royong adalah contoh sikap positif yang sesuai dengan pokok pikiran ketiga pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dalam lingkungan sekolah dan keluarga. Dengan menunjukkan sikap gotong royong, kita dapat menjadi generasi yang memiliki semangat kerjasama dan persatuan dalam membangun negara.