Peran Model Kurikulum Berpusat pada Siswa dalam Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pendahuluan: Bagian: ① Meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa: Contoh: Pembelajaran rukun iman dengan siswa mempresentasikan pemahaman mereka secara bergantian. Guru sebagai fasilitator. ② Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah: Contoh: Memberikan studi kasus atau dilema moral terkait isu-isu keagamaan. Siswa menganalisis, mengevaluasi, dan memberikan solusi. ③ Mendorong pembelajaran yang bermakna dan kontekstual: Contoh: Mengaitkan konsep zakat, infak, dan sedekah dengan isu-isu sosial ekonomi di lingkungan sekitar siswa. ④ Mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa: Contoh: Menyediakan metode pembelajaran yang beragam dalam pembelajaran tentang sejarah Nabi Muhammad SAW. Kesimpulan: Model kurikulum berpusat pada siswa dalam PAI memiliki peran penting dalam meningkatkan keaktifan siswa, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mendorong pembelajaran yang bermakna, dan mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa.