** Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sindue dalam Menyelesaikan Soal Materi Peluang Ditinjau dari Self-efficacy 2. **
Pendahuluan: Dalam era pendidikan yang semakin kompleks ini, kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan paling penting yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Sindue dalam menyelesaikan soal materi peluang, ditinjau dari self-efficacy, menjadi fokus penelitian ini. Metodologi: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa dan analisis dokumen penilaian. Self-efficacy diukur menggunakan skala yang dikembangkan oleh Bandura. Hasil dan Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menyelesaikan soal materi peluang. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis mereka, seperti penggunaan strategi belajar yang efektif dan dukungan dari guru. Diskusi: Temuan ini menunjukkan pentingnya membangun self-efficacy dan memberikan dukungan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Guru perlu memainkan peran penting dalam memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka sendiri. Kesimpulan:** Dalam kesimpulan, analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Sindue dalam menyelesa soal materi peluang ditinjau dari self-efficacy menunjukkan bahwa kepercayaan diri adalah faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, pendidikan harus fokus pada pengembangan self-efficacy dan strategi belajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.