Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematik

essays-star 4 (184 suara)

Pendahuluan: Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sering kali dianggap sulit oleh siswa. Namun, hasil belajar matematika dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, seperti motivasi dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengaruh motivasi dan minat terhadap hasil belajar matematika. Pengertian Motivasi: Motivasi adalah dorongan internal atau eksternal yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau mencapai tujuan. Dalam konteks pembelajaran matematika, motivasi dapat mempengaruhi sejauh mana siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan berusaha untuk mencapai hasil yang baik. Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika: Motivasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja siswa dalam belajar matematika. Ketika siswa merasa termotivasi, mereka akan lebih bersemangat untuk belajar dan mencoba memahami konsep-konsep matematika yang kompleks. Motivasi yang tinggi juga dapat meningkatkan ketekunan siswa dalam menghadapi kesulitan dan tantangan dalam pembelajaran matematika. Pengertian Minat: Minat adalah ketertarikan atau kecenderungan seseorang terhadap suatu hal atau aktivitas. Dalam konteks pembelajaran matematika, minat dapat mempengaruhi sejauh mana siswa tertarik dan antusias dalam mempelajari konsep-konsep matematika. Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika: Minat yang tinggi terhadap matematika dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan mencapai hasil yang baik. Ketika siswa memiliki minat yang tinggi terhadap matematika, mereka akan lebih termotivasi untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep matematika. Minat yang tinggi juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika dan memperkuat hubungan antara motivasi dan hasil belajar. Kesimpulan: Motivasi dan minat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Motivasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja siswa dalam belajar matematika, sedangkan minat yang tinggi dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan mencapai hasil yang baik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk memperhatikan dan membangun motivasi dan minat siswa terhadap matematika guna meningkatkan hasil belajar mereka. Referensi: 1. Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2000). Expectancy–value theory of achievement motivation. Contemporary educational psychology, 25(1), 68-81. 2. Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The four-phase model of interest development. Educational psychologist, 41(2), 111-127.