Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Pemahaman Siswa Melalui Teks Bacaan

essays-star 4 (249 suara)

Dalam kasus ini, Ibu Lestari, seorang guru muatan lokal Bahasa Inggris, memiliki tujuan untuk menilai keterampilan membaca dan kemampuan pemahaman siswa melalui teks bacaan yang diberikan. Teks tersebut berfokus pada perpustakaan sebagai tempat yang baik untuk menghabiskan waktu, belajar, dan melakukan pekerjaan rumah. Untuk mencapai tujuan penilaian ini, Ibu Lestari dapat menggunakan berbagai jenis tes, seperti tes pilihan ganda dan tes lisan. Rubrik Penilaian: 1. Tes Pilihan Ganda: a. Pertanyaan 1: Berdasarkan teks, apa kegunaan perpustakaan saat hari hujan? - Jawaban yang benar: Tempat yang baik untuk menghabiskan waktu dan belajar. b. Pertanyaan 2: Apa manfaat membaca buku di perpustakaan? - Jawaban yang benar: Dapat mempelajari tentang berbagai hal seperti gunung, sungai, hewan, atau bintang. c. Pertanyaan 3: Mengapa siswa diminta untuk tidak berbicara dengan keras di perpustakaan? - Jawaban yang benar: Karena perpustakaan selalu tenang dan cocok untuk mengerjakan pekerjaan rumah. 2. Tes Lisan: a. Siswa diminta untuk menjelaskan manfaat perpustakaan berdasarkan teks yang telah dibaca. b. Siswa diminta untuk menyebutkan satu hal yang dapat dipelajari dari buku di perpustakaan. c. Siswa diminta untuk memberikan contoh situasi di mana perpustakaan merupakan tempat yang cocok untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan menggunakan rubrik penilaian ini, Ibu Lestari dapat secara objektif menilai kemampuan membaca dan pemahaman siswa sesuai dengan teks bacaan yang diberikan.