Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mendeskripsikan Benda Padat dan Benda Cair melalui Metode Demonstrasi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mendeskripsikan benda padat dan benda cair melalui metode demonstrasi di UPTD SPF SDN Karang Melok 1 Bondowoso. Metode demonstrasi dipilih sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep ilmiah dengan menggunakan benda konkret. Dalam penelitian ini, siswa akan terlibat dalam serangkaian kegiatan demonstrasi yang melibatkan penggunaan benda konkret. Melalui pengamatan langsung dan interaksi dengan benda-benda tersebut, siswa akan dapat memahami karakteristik benda padat dan benda cair secara lebih baik. Metode demonstrasi telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dalam penelitian sebelumnya, hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan metode ini. Hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat membantu siswa memahami konsep-konsep ilmiah dengan lebih baik. Selain itu, metode demonstrasi juga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, metode ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Siswa akan merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar. Dalam penelitian ini, kami akan melibatkan siswa dari UPTD SPF SDN Karang Melok 1 Bondowoso. Siswa akan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan demonstrasi dan akan dinilai berdasarkan pemahaman mereka tentang benda padat dan benda cair. Hasil belajar siswa akan diukur sebelum dan setelah penggunaan metode demonstrasi untuk melihat peningkatan yang terjadi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mendeskripsikan benda padat dan benda cair. Metode demonstrasi dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran IPA di sekolah-sekolah.