Kekuatan Pernyataan dalam Menjawab Pertanyaan Matematik
Dalam matematika, seringkali kita dihadapkan pada pertanyaan yang membutuhkan analisis dan penalaran yang cermat. Salah satu cara untuk menjawab pertanyaan semacam ini adalah dengan menggunakan pernyataan yang diberikan. Namun, tidak semua pernyataan memiliki kekuatan yang sama dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dalam kasus ini, kita akan mempertimbangkan dua pernyataan dan menentukan apakah pernyataan tersebut cukup untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan yang diberikan adalah apakah $p=-\frac {3}{2}$? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita memiliki dua pernyataan: (1) $p\lt x\lt 0$ atau $x\gt 1$ (2) $2x+\frac {1}{x}\leqslant \frac {4-x}{x}$ Pernyataan (1) menyatakan bahwa nilai $p$ berada di antara $x$ dan 0, atau lebih besar dari 1. Pernyataan ini memberikan informasi tentang rentang nilai $p$, namun tidak memberikan informasi spesifik tentang nilai $p$ itu sendiri. Pernyataan (2) menyatakan bahwa $2x+\frac {1}{x}\leqslant \frac {4-x}{x}$. Pernyataan ini memberikan hubungan antara $x$ dan $p$, namun tidak memberikan informasi langsung tentang nilai $p$. Berdasarkan analisis ini, kita dapat menyimpulkan bahwa pernyataan (1) saja tidak cukup untuk menjawab pertanyaan, karena tidak memberikan informasi spesifik tentang nilai $p$. Pernyataan (2) saja juga tidak cukup, karena tidak memberikan informasi langsung tentang nilai $p$. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C. Dua pernyataan bersama-sama cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi satu pernyataan saja tidak cukup. Dalam matematika, penting untuk memahami kekuatan pernyataan dalam menjawab pertanyaan. Dalam kasus ini, kita melihat bahwa pernyataan yang memberikan informasi spesifik tentang nilai $p$ lebih kuat daripada pernyataan yang hanya memberikan hubungan antara variabel. Dengan memahami kekuatan pernyataan, kita dapat melakukan analisis yang lebih akurat dan mendapatkan jawaban yang tepat dalam pertanyaan matematika.