Upaya Memahami dan M Calon Guru Penggerak
Mengenal hal-hal terbalik yang pernah saya lakukan untuk memperoleh informasi yang dapat membuat saya lebih memahami situasi dan permasalahan dari calon guru penggerak yang saya dampingi merupakan langkah penting dalam proses ini. Salah satu situasi yang saya hadapi adalah ketidakmampuan untuk memahami sudut pandang dan kebutuhan calon guru penggerak. Upaya yang saya lakukan untuk memahami sudut pandang mereka meliputi melakukan wawancara mendalam, mengadakan diskusi kelompok, dan mengumpulkan umpan balik dari berbagai sumber. Selain itu, saya juga berusaha untuk memahami dan menyelaraskan tindakan saya dengan kebutuhan mereka. Saya melakukan ini dengan mengadopsi pendekatan yang inklusif dan kolaboratif, serta memastikan bahwa keputusan yang diambil mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan calon guru penggerak. Selain itu, saya juga berkomunikasi secara terbuka dan transparan dengan mereka, serta memastikan bahwa mereka merasa didengar dan dihargai. Untuk memastikan keberhasilan pencapaian para calon guru penggerak, saya berkontribusi secara aktif terhadap mereka dengan memberikan dukungan dan sumber daya yang mereka butuhkan. Saya juga berusaha untuk menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung, serta memastikan bahwa mereka merasa termotivasi dan termendorong untuk tumbuh dan berkembang. Hasil dari upaya ini adalah peningkatan pemahaman dan kolaborasi yang lebih baik antara saya dan calon guru penggerak. Saya dapat melihat peningkatan dalam kinerja dan motivasi mereka, serta merasa lebih yakin bahwa saya telah berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan mereka. Selain itu, saya juga belajar untuk menjadi lebih baik dalam memahami dan mendukung calon guru penggerak, serta melihat nilai dalam pendekatan yang inklusif dan kolaboratif dalam bekerja dengan mereka.