Merangkul Prinsip Understanding by Design untuk Pembelajaran yang Bermakna **
Pendahuluan: Memperkenalkan konsep Understanding by Design (UbD) sebagai kerangka kerja pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berfokus pada pemahaman mendalam. Bagian: ① UbD: Menentukan Tujuan Pembelajaran yang Jelas: Menjelaskan bagaimana UbD menekankan pada pendefinisian tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, memastikan bahwa siswa memahami apa yang diharapkan dari mereka. ② Merencanakan Pembelajaran yang Bermakna: Menjelaskan bagaimana UbD mendorong guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan relevan, yang memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar. ③ Evaluasi yang Berfokus pada Pemahaman: Menjelaskan bagaimana UbD menekankan pada evaluasi yang berfokus pada pemahaman, bukan hanya pada penghafalan, sehingga siswa dapat menunjukkan pemahaman mereka secara mendalam. Kesimpulan:** Menekankan pentingnya UbD dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan berpusat pada siswa, yang mendorong pemahaman mendalam dan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.