Sasaran dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan

essays-star 4 (184 suara)

Dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, terdapat beberapa sasaran yang harus diperhatikan. Namun, berdasarkan Permendikbud No. 46 Tahun 2023, ada beberapa hal yang bukan menjadi sasaran dalam upaya tersebut.

Salah satu hal yang bukan menjadi sasaran dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan adalah percintaan. Meskipun percintaan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi terjadinya kekerasan, namun dalam konteks ini, upaya pencegahan dan penanganan kekerasan lebih fokus pada tindakan kekerasan fisik, verbal, atau psikologis yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan.

Selain itu, kekerasan dalam bentuk penipuan juga bukan menjadi sasaran dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. Meskipun penipuan dapat menjadi bentuk kekerasan yang merugikan, namun dalam konteks ini, upaya pencegahan dan penanganan kekerasan lebih fokus pada kekerasan yang terjadi antara siswa atau antara siswa dan guru.

Hal lain yang bukan menjadi sasaran dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan adalah kekerasan yang terjadi di luar lingkungan satuan pendidikan. Meskipun kekerasan di luar lingkungan satuan pendidikan dapat mempengaruhi siswa dan guru, namun upaya pencegahan dan penanganan kekerasan lebih fokus pada kekerasan yang terjadi di dalam lingkungan satuan pendidikan.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, penting untuk memahami sasaran-sasaran yang harus diperhatikan. Dengan memahami hal-hal yang bukan menjadi sasaran, kita dapat lebih fokus dalam mengatasi kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi siswa dan guru.