Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Kinerja dalam Pembelajaran IPAS di Kelas V SD

essays-star 4 (259 suara)

Pada penerapan Kurikulum Merdeka, pembelajaran diupayakan berbasis kinerja dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat dipilih oleh guru adalah pembelajaran berbasis kinerja. Dalam konteks pembelajaran mata pelajaran IPAS di kelas V SD, seorang guru bermaksud menerapkan model pembelajaran berbasis kinerja dengan capaian pembelajaran (CP) peserta didik dapat menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia. a. Deskripsi Materi Pembelajaran Materi pembelajaran yang akan dibelajarkan dalam mata pelajaran IPAS adalah mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia. Peserta didik diharapkan dapat memahami letak geografis Indonesia, seperti pulau-pulau utama, batas-batas wilayah, dan kondisi geografis seperti gunung, sungai, dan laut. Materi ini akan membantu peserta didik untuk memahami pentingnya geografi dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan pemahaman mereka tentang negara Indonesia. b. Strategi Pembelajaran Strategi pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan capaian pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif melibatkan kerja sama antara peserta didik dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Alasan saya memilih strategi pembelajaran ini adalah karena pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, meningkatkan keterampilan sosial mereka, dan memungkinkan mereka untuk saling belajar dan mendukung satu sama lain. Selain itu, strategi pembelajaran ini juga sesuai dengan pembelajaran berbasis kinerja, karena peserta didik akan bekerja secara aktif dalam kelompok untuk mencapai capaian pembelajaran yang ditentukan. c. Penggunaan Sumber Belajar Untuk mendukung pembelajaran dengan capaian pembelajaran tersebut, penggunaan sumber belajar yang sesuai adalah peta konvensional/digital. Peta ini akan membantu peserta didik untuk memvisualisasikan letak geografis Indonesia dan memahami kondisi geografisnya. Selain itu, penggunaan sumber belajar lain seperti buku teks, video, dan gambar juga dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan dan memperkaya pembelajaran. d. Tujuan Pembelajaran Berikut adalah 3 tujuan pembelajaran untuk pembelajaran inovatif dengan model pembelajaran berbasis kinerja yang telah ditentukan: 1. Peserta didik dapat mengidentifikasi pulau-pulau utama di Indonesia dan menunjukkan letaknya pada peta. 2. Peserta didik dapat menjelaskan batas-batas wilayah Indonesia dan menunjukkannya pada peta. 3. Peserta didik dapat menggambarkan kondisi geografis Indonesia, seperti gunung, sungai, dan laut, dengan menggunakan peta. Tujuan-tujuan ini akan membantu peserta didik untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditentukan dan meningkatkan pemahaman mereka tentang geografi Indonesia. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis kinerja dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat serta sumber belajar yang sesuai, pembelajaran IPAS di kelas V SD dapat menjadi lebih interaktif, menarik, dan efektif. Peserta didik akan aktif terlibat dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang letak dan kondisi geografis negara Indonesia.