Maria Montessori dan Filsafat Pendidika
Maria Montessori, seorang pendidikan dan penemu metode pendidikan Montessori, memiliki pemikiran yang kuat tentang filsafat pendidikan. Dia percaya bahwa pendidikan seharusnya berpusat pada anak, dan bahwa anak-anak seharusnya didorong untuk mengeksplorasi dan belajar dengan cara yang alami. Montessori percaya bahwa anak-anak memiliki potensi bawaan untuk belajar dan berkembang, dan bahwa pendidikan seharusnya membantu mereka mencapai potensi tersebut. Montessori juga percaya bahwa pendidikan seharusnya inklusif dan inklusif, dan bahwa anak-anak dari latar belakang yang berbeda seharusnya didorong untuk belajar dan berkembang bersama-sama. Dia percaya bahwa pendidikan seharusnya berpusat pada anak, dan bahwa guru seharusnya berperan sebagai fasilitator dan mentor, bukan sebagai otoritas mutlak. Montessori juga percaya bahwa pendidikan seharusnya berpusat pada praktik, dan bahwa anak-anak seharusnya didorong untuk belajar melalui pengalaman langsung. Dia percaya bahwa anak-anak belajar dengan cara yang paling efektif ketika mereka terlibat dalam aktivitas praktis, seperti mempersiapkan makanan atau merakit puzzle. Secara keseluruhan, pemikiran Montessori tentang filsafat pendidikan berpusat pada anak, inklusivitas, dan praktik. Dia percaya bahwa pendidikan seharusnya membantu anak-anak mencapai potensi mereka dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan mandiri.