Dampak Negatif Durasi Bermain Game Terhadap Prestasi Akademik
Persamaan garis regresi yang diperoleh, 99,882 - 6,4961x, menunjukkan hubungan negatif antara durasi bermain game (x, dalam jam) dan nilai ujian (y). Koefisien -6,4961 mengindikasikan bahwa setiap penambahan satu jam durasi bermain game diprediksi akan menurunkan nilai ujian sebesar 6,4961 poin. Untuk memprediksi nilai ujian jika durasi bermain game adalah 30 menit (0.5 jam), kita substitusikan x = 0.5 ke dalam persamaan: y = 99,882 - 6,4961(0.5) = 99,882 - 3.24805 = 96.63395 Prediksi nilai ujian untuk durasi bermain game 30 menit adalah sekitar 96.63. Meskipun angka ini masih relatif tinggi, persamaan ini menunjukkan tren penurunan nilai ujian seiring bertambahnya waktu bermain game. Hal ini menekankan pentingnya keseimbangan antara kegiatan bermain game dan belajar untuk mencapai prestasi akademik yang optimal. Mengurangi waktu bermain game dan mengalokasikan waktu lebih banyak untuk belajar akan berdampak positif pada nilai ujian. Menemukan keseimbangan ini merupakan kunci keberhasilan akademis bagi siswa. Memahami hubungan ini dapat memotivasi siswa untuk mengatur waktu mereka secara efektif dan mencapai potensi akademis mereka sepenuhnya.