Inovasi Pembelajaran Membaca dan Menulis untuk Mengatasi Buta Aksara di Wilayah Perbatasan
Dalam analisis situasi, terdapat beberapa fakta yang menunjukkan rendahnya kemampuan membaca dan menulis di Indonesia. Menurut penelitian Depdikbod (1998), banyak anak di sekolah dasar mengalami kesulitan membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak Indonesia berada pada peringkat yang rendah dibandingkan dengan negara lain. Selain itu, kemampuan mengarang juga menjadi masalah serius. Metode audiolingual dalam pembelajaran bahasa cenderung mengabaikan kemampuan menulis. Hal ini terlihat dari hasil penelitian Programme for International Students Assessment (PISA) yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke-39 dari 42 negara dalam hal kemampuan membaca dan menulis. Masalah buta aksara juga menjadi perhatian khusus, terutama di wilayah perbatasan. Angka buta huruf di wilayah tersebut sangat tinggi, terutama di kalangan perempuan. Oleh karena itu, diperlukan program keaksaraan yang meliputi keaksaraan dasar, keaksaraan usaha mandiri, keaksaraan keluarga, dan keaksaraan komunitas. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan inovasi dalam pembelajaran membaca dan menulis. Program-program keaksaraan harus dilakukan dengan pendekatan yang kreatif dan efektif. Penyuluhan dan pelatihan tentang inovasi pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung perlu diberikan kepada masyarakat di wilayah perbatasan. Dengan adanya inovasi pembelajaran yang tepat, diharapkan kemampuan membaca dan menulis anak Indonesia dapat meningkat. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.