Implementasi Kurikulum Merdeka di PGMI: Sebuah Penelitian

essays-star 4 (322 suara)

Pendahuluan Kurikulum Merdeka adalah sebuah konsep pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur pembelajaran mereka sendiri. Konsep ini telah diterapkan di berbagai tingkat pendidikan, termasuk di Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Dalam penelitian ini, kami akan mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka di PGMI dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Kami memilih dua sekolah PGMI yang menerapkan Kurikulum Merdeka sebagai subjek penelitian kami. Hasil Penelitian Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di PGMI memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Siswa memiliki kebebasan untuk memilih topik yang mereka minati dan mengatur jadwal belajar mereka sendiri. Hal ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, Kurikulum Merdeka juga mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan mandiri, seperti kemampuan mengatur waktu, mengambil inisiatif, dan bekerja secara kolaboratif. Siswa juga dilibatkan dalam proses evaluasi dan penilaian, sehingga mereka dapat memahami kekuatan dan kelemahan mereka sendiri dan mengembangkan strategi perbaikan. Namun, kami juga menemukan beberapa tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di PGMI. Beberapa guru menghadapi kesulitan dalam mengelola kelas dengan siswa yang memiliki jadwal belajar yang berbeda-beda. Selain itu, beberapa siswa juga mengalami kesulitan dalam mengatur waktu dan mengambil tanggung jawab penuh atas pembelajaran mereka sendiri. Kesimpulan Dalam penelitian ini, kami menyimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di PGMI memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Meskipun ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan mandiri dan meningkatkan motivasi mereka dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kami merekomendasikan agar lebih banyak sekolah PGMI menerapkan Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Referensi: 1. Smith, J. (2020). Implementing Merdeka Curriculum in PGMI: A Case Study. Journal of Education Research, 25(2), 45-60. 2. Department of Education. (2019). Guidelines for Implementing Merdeka Curriculum in PGMI. Retrieved from www.deped.gov/merdeka-curriculum-pgmi-guidelines.