Pengembangan dan Efektivitas Modul Elektronik sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 2 Yogyakart
Dalam penelitian ini, fokus utama adalah pada pengembangan modul elektronik sebagai sarana belajar jarak jauh di SMA N 2 Yogyakarta. Peneliti akan merancang desain penelitian yang tepat untuk menguji keefektifan penerapan modul elektronik sebagai media pembelajaran jarak jauh di sekolah tersebut.
Desain penelitian yang akan digunakan mencakup langkah-langkah berikut:
1. Identifikasi Kebutuhan: Peneliti akan melakukan analisis mendalam terkait kebutuhan siswa dan kurikulum di SMA N 2 Yogyakarta untuk mengembangkan modul elektronik yang sesuai.
2. Pengembangan Modul Elektronik: Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan, peneliti akan merancang modul elektronik yang interaktif dan mudah dipahami oleh siswa.
3. Implementasi di SMAN 2 Yogyakarta: Modul elektronik yang dikembangkan akan diimplementasikan dalam proses pembelajaran jarak jauh di sekolah tersebut.
4. Pengukuran Efektivitas: Peneliti akan menggunakan metode pengukuran yang valid dan reliabel untuk mengevaluasi sejauh mana modul elektronik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran jarak jauh.
5. Analisis Data: Data yang terkumpul akan dianalisis secara komprehensif untuk menarik kesimpulan terkait efektivitas penerapan modul elektronik sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMA N 2 Yogyakarta.
6. Rekomendasi: Berdasarkan temuan penelitian, peneliti akan memberikan rekomendasi terkait pengembangan dan penerapan modul elektronik sebagai sarana belajar jarak jauh yang lebih optimal di lingkungan sekolah tersebut.
Dengan desain penelitian yang cermat dan metodologi yang tepat, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di SMA N 2 Yogyakarta.