Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Pernapasan di Kelas VIII B

essays-star 3 (197 suara)

Pada hari ini, saya melakukan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran tentang sistem pernapasan di kelas VIII B. Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah belajar tentang topik ini dan bagaimana proses mereka belajar. Berikut adalah fakta kongkrit yang saya amati selama observasi: 1. Semua peserta didik tampak aktif dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Mereka dengan antusias mengikuti penjelasan guru dan berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Beberapa siswa bahkan mengajukan pertanyaan yang menunjukkan minat mereka yang tinggi terhadap topik ini. 2. Namun, terdapat satu siswa yang tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Siswa tersebut adalah Andi. Saya mencatat bahwa Andi tampak tidak fokus dan sering kali terlihat mengantuk selama pembelajaran. Hal ini mempengaruhi partisipasinya dalam diskusi kelompok dan kemampuannya untuk memahami materi. Setelah melakukan analisis mendalam, saya menyimpulkan bahwa penyebab Andi tidak dapat belajar dengan baik adalah kurangnya tidur yang cukup. Saya berbicara dengan Andi setelah pembelajaran dan dia mengaku bahwa dia sering tidur larut malam karena terlalu banyak tugas sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini menyebabkan kelelahan dan kurangnya konsentrasi saat pembelajaran. Sebagai solusi alternatif, saya merekomendasikan agar Andi mengatur jadwal tidurnya dengan lebih baik dan mengurangi beban tugas sekolah yang berlebihan. Saya juga akan berkomunikasi dengan guru dan orang tua Andi untuk memberikan dukungan dan membantu mengatasi masalah ini. Dengan tidur yang cukup dan konsentrasi yang lebih baik, saya yakin Andi akan dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih baik dan meningkatkan pemahamannya tentang sistem pernapasan. Dalam kesimpulan, observasi pelaksanaan pembelajaran sistem pernapasan di kelas VIII B menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah belajar dengan baik. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan tantangan yang berbeda. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran mereka, kita dapat mencari solusi yang tepat untuk membantu setiap siswa mencapai potensi mereka dalam pembelajaran.