Perbandingan antara Uji T Sampel Berpasangan dan Uji Wilcoxon dalam Menganalisis Prestasi Siswa dalam Fisika setelah Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri
Dalam penelitian ini, kami akan membahas perbedaan antara uji T sampel berpasangan dan uji Wilcoxon dalam menganalisis prestasi siswa dalam fisika setelah menggunakan model pembelajaran inquiri. Kedua metode ini digunakan untuk membandingkan dua kelompok data yang terkait, dalam hal ini, nilai prestasi siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran inquiri.
Uji T sampel berpasangan adalah metode statistik yang digunakan untuk membandingkan rata-rata dua kelompok data yang terkait. Dalam kasus ini, kita membandingkan nilai prestasi siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran inquiri. Uji ini menghitung perbedaan antara pasangan data dan menguji apakah perbedaan tersebut signifikan secara statistik. Hasil uji T sampel berpasangan ditampilkan dalam tabel yang mencakup nilai rata-rata, standar deviasi, standar error, dan interval kepercayaan 95% dari perbedaan.
Di sisi lain, uji Wilcoxon adalah metode non-parametrik yang digunakan untuk membandingkan dua kelompok data yang terkait. Metode ini tidak mengasumsikan distribusi normal dari data dan lebih cocok digunakan ketika data tidak memenuhi asumsi parametrik. Uji Wilcoxon menghitung jumlah peringkat positif dan negatif dari perbedaan antara pasangan data dan menguji apakah perbedaan tersebut signifikan secara statistik. Hasil uji Wilcoxon ditampilkan dalam tabel yang mencakup jumlah peringkat positif dan negatif, serta nilai rata-rata peringkat.
Dalam penelitian ini, hasil uji T sampel berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai prestasi siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran inquiri. Nilai rata-rata perbedaan adalah -10,390, dengan standar deviasi sebesar 2,469. Interval kepercayaan 95% dari perbedaan adalah antara -11,169 dan -9,611. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri memiliki dampak positif pada prestasi siswa dalam fisika.
Sementara itu, hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai prestasi siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran inquiri. Jumlah peringkat positif adalah 41, sedangkan jumlah peringkat negatif adalah 21. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri memiliki dampak positif pada prestasi siswa dalam fisika.
Secara keseluruhan, baik uji T sampel berpasangan maupun uji Wilcoxon menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri memiliki dampak positif pada prestasi siswa dalam fisika. Namun, perlu diingat bahwa kedua metode ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan pemilihan metode yang tepat tergantung pada karakteristik data dan tujuan penelitian.
Dalam penelitian ini, kami telah membahas perbedaan antara uji T sampel berpasangan dan uji Wilcoxon dalam menganalisis prestasi siswa dalam fisika setelah menggunakan model pembelajaran inquiri. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan peneliti dalam memahami efektivitas model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan prestasi siswa dalam fisika.