Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Doratoon dengan Model Pembelajaran RME

essays-star 4 (324 suara)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis Doratoon dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini dilakukan di SDN 060900, yang terletak di Jl. Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan dalam pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini fokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis Doratoon dengan menggunakan model pembelajaran RME. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 060900. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Doratoon melalui pembelajaran RME pada materi program linear. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran berbasis Doratoon merupakan media yang menarik dan interaktif. Doratoon adalah karakter kartun yang dirancang khusus untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan cara yang menyenangkan. Model pembelajaran RME menekankan pada pemahaman konsep matematika melalui pengalaman nyata dan konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dalam penelitian ini, siswa akan terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan pemodelan matematis, eksplorasi, dan refleksi. Media pembelajaran berbasis Doratoon akan digunakan untuk memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang sulit. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Doratoon dan model pembelajaran RME, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis terhadap kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Evaluasi akan dilakukan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Doratoon dengan model pembelajaran RME. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada guru dan pengembang media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Doratoon dengan model pembelajaran RME dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Media pembelajaran ini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.