**\x0a - "Mengembangkan Kemampuan Mendengarkan pada Siswa Kelas Rendah: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian"\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**
A. Kebutuhan Mendengarkan pada Siswa Kelas Rendah
1. Kelas I Semester 1:
- Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.- Membedakan berbagai bunyi bahasa.
- Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
2. Kelas I Semester 2:
- Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar.- Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
- Menyebutkan isi dongeng.
3. Kelas II Semester 1:
- Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
- Mendeskripsikan isi puisi.
4. Kelas II Semester 2:
- Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.- Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain.
- Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya.
5. Kelas III Semester 1:
- Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cer yang dilisankan.- Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.
6. Kelas III Semester 2:
- Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan.- Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.
- Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.
B. Tipe Artikel:
- Tipe Artikel: Deskriptif
Harap Diperhatikan: