**\x0a - "Mengembangkan Kemampuan Mendengarkan pada Siswa Kelas Rendah: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian"\x0a\x0a2. **Isi Makalah:**

essays-star 4 (259 suara)

A. Kebutuhan Mendengarkan pada Siswa Kelas Rendah

1. Kelas I Semester 1:

- Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.

- Membedakan berbagai bunyi bahasa.

- Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.

- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.

2. Kelas I Semester 2:

- Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar.

- Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.

- Menyebutkan isi dongeng.

3. Kelas II Semester 1:

- Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.

- Mendeskripsikan isi puisi.

4. Kelas II Semester 2:

- Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.

- Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain.

- Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya.

5. Kelas III Semester 1:

- Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cer yang dilisankan.

- Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.

6. Kelas III Semester 2:

- Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan.

- Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.

- Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.

B. Tipe Artikel:

- Tipe Artikel: Deskriptif

Harap Diperhatikan: