Standar Nasional Pendidikan di Indonesia: Panduan untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

essays-star 4 (183 suara)

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan merupakan Pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 20 tentang Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah ini juga mengatur dan menentukan berbagai standar dalam pendidikan yang dapat dijadikan panduan ataupun pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Standar Nasional Pendidikan disusun agar dapat dijadikan Kriteria Minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI. Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Tujuan Standar Nasional Pendidikan adalah untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dalam Pasal 1 ayat (17) Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Yungto Pasal 1 Ayat (1) PP No. 19 Tahun 2005 dinyatakan bahwa lingkup dari Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar, yaitu: 1. Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. 2. Standar proses adalah standar berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. 3. Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan. 5. Standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi, dan fasilitas lainnya yang mendukung proses pembelajaran. 6. Standar pengelolaan adalah standar yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan, termasuk pengelolaan keuangan, administrasi, dan manajemen pendidikan. 7. Standar pembiayaan adalah standar yang berkaitan dengan pembiayaan pendidikan, termasuk alokasi dana, penggunaan dana, dan pengawasan penggunaan dana pendidikan. 8. Standar penilaian adalah standar yang berkaitan dengan penilaian hasil belajar peserta didik, termasuk penilaian formatif dan sumatif. Standar Nasional Pendidikan ini penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan adanya standar yang jelas, pendidikan dapat dijalankan secara konsisten dan terukur. Hal ini akan membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.