Pengaruh Gamifikasi terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Blora pada mata pelajaran IPAS di era digital tahun ajaran 2024/2025
Pendahuluan: - Definisi gamifikasi dalam konteks pendidikan - Pentingnya gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa - Tujuan penelitian Bagian: ① Pengaruh gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa - Penjelasan tentang bagaimana gamifikasi dapat meningkatkan motivasi siswa - Studi kasus pada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Blora ② Metode penelitian - Penjelasan tentang metode yang digunakan dalam penelitian ini - Analisis data yang telah dikumpulkan ③ Hasil penelitian - Presentasi hasil penelitian mengenai pengaruh gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa - Perbandingan antara kelompok yang mendapat perlakuan gamifikasi dan kelompok kontrol ④ Diskusi hasil penelitian - Analisis hasil penelitian - Implikasi hasil penelitian terhadap praktik pendidikan di kelas Kesimpulan: - Ringkasan hasil penelitian - Rekomendasi untuk penerapan gamifikasi dalam pendidikan di era digital