Pentingnya Pre-Test dalam Kegiatan Belajar Peserta Didik

essays-star 4 (184 suara)

Pre-test adalah langkah yang sangat penting dalam kegiatan belajar peserta didik. Hal ini bertujuan agar kegiatan belajar dapat berjalan efektif dan efisien. Dengan melakukan pre-test, guru dapat mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan dalam pembelajaran harus bersifat praktis. Materi-materi belajar yang berkaitan dengan segi-segi kehidupan yang bersifat praktis pada umumnya dapat menarik minat peserta didik untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, saat mengajar, guru hendaknya mengaitkan materi belajar dengan kehidupan praktis yang dapat memunculkan pandangan peserta didik yang beragam. Keseragaman tersebutlah yang nantinya akan menjadikan masing-masing peserta didik tertarik untuk belajar. Dengan mengaitkan materi belajar dengan kehidupan praktis, arti tentang materi belajar juga dapat muncul. Dengan merasakan bahwa materi belajarnya berarti atau bermakna, maka rasa ingin tahu peserta didik juga akan ikut muncul. Selain itu, mengajar juga harus memerhatikan perbedaan individu setiap peserta didiknya. Selain ada perbedaan individu dalam tipe belajar, ada juga perbedaan individu dalam kesanggupan belajar ataupun kemampuan potensial (seperti bakat dan inteligensi). Apa yang dapat dipelajari oleh seorang peserta didik dengan cepat belum tentu dapat dilakukan oleh peserta didik lainnya. Untuk itu, mengajar harus memerhatikan perbedaan tingkat kemampuan masing-masing peserta didik. Selain itu, readiness atau kesiapan peserta didik dalam belajar juga sangat penting untuk dijadikan landasan dalam mengajar. Readiness merupakan keadaan kapasitas atau kemampuan potensial peserta didik secara memadai dalam hubungannya dengan tujuan belajar. Dengan mengetahui tingkat readiness peserta didik melalui pre-test, guru dapat menyesuaikan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Dalam kesimpulannya, pre-test merupakan langkah yang penting dalam kegiatan belajar peserta didik. Dengan melakukan pre-test, guru dapat mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta didik, mengaitkan materi belajar dengan kehidupan praktis, memerhatikan perbedaan individu peserta didik, dan menyesuaikan metode pembelajaran dengan tingkat readiness peserta didik. Dengan demikian, kegiatan belajar peserta didik dapat berjalan efektif dan efisien.