Analisis Data Tes Matematika Siswa Kelas 5
Dalam artikel ini, kita akan menganalisis data tes matematika siswa kelas 5. Data yang diberikan mencakup hasil tes matematika dari 50 siswa, dengan 5 siswa perempuan dan 45 siswa laki-laki. Data ini akan digunakan untuk menentukan beberapa informasi penting, seperti jangkauan (range), banyaknya interval kelas dengan aturan Sturges, interval kelas, dan susunan data dalam tabel frekuensi kelompok. Pertama-tama, mari kita lihat jangkauan (range) dari data ini. Jangkauan adalah selisih antara nilai tertinggi dan nilai terendah dalam data. Dalam hal ini, nilai tertinggi adalah 94 dan nilai terendah adalah 39. Jadi, jangkauan dari data ini adalah 55. Selanjutnya, kita akan menggunakan aturan Sturges untuk menentukan banyaknya interval kelas. Aturan Sturges menyatakan bahwa jumlah interval kelas dapat dihitung dengan rumus \(k = 1 + 3.322 \log n\), di mana \(k\) adalah banyaknya interval kelas dan \(n\) adalah jumlah data. Dalam hal ini, \(n\) adalah 50, sehingga kita dapat menghitung \(k\) sebagai berikut: \(k = 1 + 3.322 \log 50\) \(k = 1 + 3.322 \times 1.69897\) \(k = 1 + 5.643\) \(k = 6.643\) Karena kita tidak dapat memiliki pecahan interval kelas, kita akan membulatkannya menjadi 7 interval kelas. Selanjutnya, mari kita tentukan interval kelas. Interval kelas adalah rentang nilai yang digunakan untuk mengelompokkan data. Dalam hal ini, kita akan menggunakan jangkauan data (55) dan jumlah interval kelas (7) untuk menentukan interval kelas. Kita dapat membagi jangkauan menjadi 7 interval kelas dengan lebar interval sekitar 7.86. Jadi, interval kelas yang digunakan adalah sebagai berikut: 39-46 47-54 55-62 63-70 71-78 79-86 87-94 Terakhir, mari kita susun data ke dalam tabel frekuensi kelompok. Tabel frekuensi kelompok adalah tabel yang menunjukkan jumlah siswa dalam setiap interval kelas. Dalam hal ini, kita akan menghitung jumlah siswa dalam setiap interval kelas dan menyusunnya dalam tabel. Berikut adalah tabel frekuensi kelompok untuk data ini: Interval Kelas | Frekuensi 39-46 | 2 47-54 | 4 55-62 | 6 63-70 | 10 71-78 | 12 79-86 | 8 87-94 | 8 Dengan demikian, kita telah menganalisis data tes matematika siswa kelas 5. Kita telah menentukan jangkauan (range) data, banyaknya interval kelas dengan aturan Sturges, interval kelas, dan menyusun data dalam tabel frekuensi kelompok. Semoga analisis ini dapat memberikan wawasan yang berguna dalam memahami kinerja siswa dalam tes matematika.