Pengembangan Instrumen Angket Terbuka dan Tertutup dalam Penelitian Pendidikan

essays-star 4 (317 suara)

Pengembangan instrumen angket terbuka dan tertutup dalam penelitian pendidikan adalah topik yang penting dan relevan. Instrumen angket adalah alat yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dari responden. Ada dua jenis instrumen angket, yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka memungkinkan responden untuk menjawab pertanyaan dengan cara mereka sendiri, sedangkan angket tertutup membatasi jawaban responden ke pilihan yang telah ditentukan oleh peneliti. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pemilihan antara keduanya seringkali tergantung pada tujuan penelitian.

Penggunaan Angket Terbuka dalam Penelitian Pendidikan

Angket terbuka memberikan kebebasan kepada responden untuk menjawab pertanyaan dengan cara mereka sendiri. Ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang pandangan, pendapat, dan pengalaman responden. Dalam konteks penelitian pendidikan, angket terbuka dapat digunakan untuk mengeksplorasi persepsi siswa tentang pengajaran dan pembelajaran, pengalaman mereka di sekolah, atau pandangan mereka tentang isu-isu pendidikan tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Angket Terbuka

Kelebihan utama angket terbuka adalah bahwa mereka memungkinkan peneliti untuk mendapatkan data yang kaya dan mendalam. Mereka juga memungkinkan responden untuk mengungkapkan pandangan dan pengalaman mereka dengan cara yang tidak bisa dicapai melalui angket tertutup. Namun, angket terbuka juga memiliki beberapa kekurangan. Mereka bisa memakan waktu lebih lama untuk diisi, dan mereka bisa lebih sulit untuk dianalisis karena variasi dalam jawaban yang diberikan oleh responden.

Penggunaan Angket Tertutup dalam Penelitian Pendidikan

Berbeda dengan angket terbuka, angket tertutup membatasi jawaban responden ke pilihan yang telah ditentukan oleh peneliti. Ini membuat angket tertutup lebih mudah untuk diisi dan dianalisis. Dalam penelitian pendidikan, angket tertutup sering digunakan untuk mengukur sikap, persepsi, atau perilaku siswa terhadap aspek-aspek tertentu dari pengajaran dan pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan Angket Tertutup

Kelebihan utama angket tertutup adalah bahwa mereka mudah untuk diisi dan dianalisis. Mereka juga memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data dari sejumlah besar responden dengan cepat dan efisien. Namun, angket tertutup juga memiliki beberapa kekurangan. Mereka tidak memungkinkan responden untuk menjelaskan jawaban mereka atau untuk mengungkapkan pandangan atau pengalaman yang tidak dicakup oleh pilihan jawaban yang disediakan.

Dalam penelitian pendidikan, pengembangan instrumen angket terbuka dan tertutup adalah proses yang membutuhkan pertimbangan yang cermat. Peneliti harus mempertimbangkan tujuan penelitian mereka, sifat data yang mereka butuhkan, dan keterbatasan waktu dan sumber daya mereka. Dengan pemahaman yang baik tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis angket, peneliti dapat membuat pilihan yang tepat dan mengembangkan instrumen angket yang efektif dan efisien.