Keefektifan Model Problem Based Learning dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan kepada Siswa Kelas 5

essays-star 3 (182 suara)

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam proses pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang sedang populer adalah Problem Based Learning (PBL). PBL adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa diberikan masalah atau situasi nyata untuk diselesaikan. Dalam konteks ini, Bu Yani menggunakan model PBL dalam mengajarkan konsep sistem pencernaan kepada siswa kelas 5. Pada awal kegiatan, Bu Yani memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengenal sistem pencernaan tanpa memberikan gambaran atau orientasi terlebih dahulu. Pertanyaan tersebut membuat siswa menjadi bingung karena kurangnya pemahaman mereka tentang konsep tersebut. Bu Yani kemudian menjelaskan bahwa mereka akan belajar tentang bagaimana tubuh kita bekerja dalam mencerna makanan. Selanjutnya, Bu Yani membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil dan memberikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Bu Yani tidak memberikan petunjuk atau membahas LKPD tersebut secara detail, sehingga siswa harus bekerja secara mandiri dalam kegiatan diskusi kelompoknya. Bu Yani dengan sabar membimbing siswa dalam kegiatan diskusi tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah presentasi hasil diskusi kelompok. Bu Yani juga membimbing siswa dalam melakukan presentasi sekaligus mengevaluasi hasil dan diskusi yang dilakukan oleh siswa. Pada akhir kegiatan, Bu Yani menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari itu dan memberikan penghargaan berupa pujian kepada siswa yang sudah melaksanakan diskusi kelompok dengan tertib. Dalam konteks ini, model Problem Based Learning yang digunakan oleh Bu Yani terbukti efektif dalam mengajarkan konsep sistem pencernaan kepada siswa kelas 5. Dengan memberikan masalah atau situasi nyata, siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta kerjasama dalam kelompok. Selain itu, pendekatan ini juga dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Dalam kesimpulannya, model Problem Based Learning yang digunakan oleh Bu Yani dalam mengajarkan konsep sistem pencernaan kepada siswa kelas 5 telah terbukti efektif. Dengan memberikan masalah atau situasi nyata, siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta kerjasama dalam kelompok. Pendekatan ini juga dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Oleh karena itu, model PBL dapat menjadi alternatif yang baik dalam mengajarkan konsep-konsep yang kompleks kepada siswa.