Proposal Penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Sisw
Latar Belakang: Pembelajaran online telah menjadi tren yang semakin populer dalam dunia pendidikan. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah meningkat secara signifikan. Namun, masih ada kekhawatiran tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan Masalah: Dalam penelitian ini, kami akan menjawab pertanyaan berikut: 1. Apakah penggunaan teknologi dalam pembelajaran online memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa? 2. Apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan teknologi dalam pembelajaran online dan siswa yang tidak menggunakan teknologi dalam pembelajaran online? 3. Apakah faktor-faktor lain, seperti tingkat motivasi siswa, mempengaruhi hubungan antara penggunaan teknologi dalam pembelajaran online dan prestasi belajar siswa? Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa. 2. Untuk membandingkan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan teknologi dalam pembelajaran online dan siswa yang tidak menggunakan teknologi dalam pembelajaran online. 3. Untuk menganalisis faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hubungan antara penggunaan teknologi dalam pembelajaran online dan prestasi belajar siswa. Metode Penelitian: Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental. Sampel penelitian akan terdiri dari siswa kelas X di dua sekolah yang berbeda. Satu sekolah akan menggunakan teknologi dalam pembelajaran online, sedangkan sekolah lainnya tidak menggunakan teknologi dalam pembelajaran online. Data akan dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan kuesioner motivasi siswa. Analisis data akan dilakukan menggunakan uji statistik yang sesuai. Landasan Teori: Penelitian ini didasarkan pada teori konstruktivisme dalam pembelajaran, yang menekankan pentingnya interaksi aktif siswa dengan materi pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran online dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi secara aktif dengan materi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka. Anggaran: Untuk melaksanakan penelitian ini, diperlukan dana sebesar Rp 10.000.000. Dana ini akan digunakan untuk membeli perangkat teknologi yang diperlukan, seperti laptop dan akses internet, serta untuk membayar biaya pengadaan tes dan kuesioner. Susunan Kepanitiaan: Penelitian ini akan melibatkan beberapa anggota kepanitiaan, yaitu: 1. Ketua Penelitian: Bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi seluruh proses penelitian. 2. Anggota Penelitian: Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dan menganalisis hasil penelitian. 3. Koordinator Sekolah: Bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kerjasama antara sekolah dan peneliti. Penutup: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.