Perbandingan Empat Teori Belajar dalam Pembelajaran di Kelas

essays-star 4 (140 suara)

Pendahuluan: Perbandingan teori belajar dapat membantu guru memahami pendekatan pembelajaran yang berbeda.

Bagian:

① Teori Kognitif: Tokoh - Jean Piaget, Substansi/Isi Teori - perkembangan kognitif, Objek Kajian Teori - proses mental, Bentuk Implementasi - pemberian tugas yang sesuai dengan tahap perkembangan.

② Teori Behavioristik: Tokoh - Ivan Pavlov, Substansi/Isi Teori - pembentukan perilaku, Objek Kajian Teori - respons terhadap rangsangan, Bentuk Implementasi - penguatan positif dan negatif.

③ Teori Konstruktivis: Tokoh - Lev Vygotsky, Substansi/Isi Teori - konstruksi pengetahuan, Objek Kajian Teori - interaksi sosial, Bentuk Implementasi - kerja kelompok dan diskusi.

④ Teori Humanistik: Tokoh - Carl Rogers, Substansi/Isi Teori - pengembangan pribadi, Objek Kajian Teori - individu sebagai individu, Bentuk Implementasi - pemberian otonomi dalam pembelajaran.

Kesimpulan: Memahami perbedaan teori belajar dapat membantu guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.