Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai
Kasus Pembelajaran PAUD: Seorang guru kelompok bermain di sebuah PAUD memiliki 15 anak didik dengan rentang usia 3-4 tahun. Ibu Weka, sang guru, ingin mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak didiknya melalui kegiatan yang bervariasi. Tema yang dipilih untuk minggu ini adalah alat transportasi. Kegiatan inti yang dipilih adalah mewarnai gambar menggunakan krayon. Pola gambar yang digunakan berukuran A5 atau setengah kertas ukuran folio. Setiap anak mendapatkan sebuah gambar dan sebuah kotak krayon yang dibagikan secara keliling. Setelah mendapatkan bahan belajar, anak-anak tampak asyik mewarnai gambar. Dalam waktu sekitar lima belas menit, hampir semua anak selesai mewarnai gambar mereka. Namun, ibu Weka merasa sangat kecewa karena hasil karya anak-anak tidak sesuai dengan harapannya. Banyak gambar yang tidak berbentuk dan warna yang keluar dari garis. Pertanyaan dan Tugas: 1. Berdasarkan kasus di atas, apakah ibu Weka telah melakukan kegiatan yang bervariasi untuk melaksanakan rencana mengembangkan kemampuan motorik halus anak didiknya? Berikan penjelasan. 2. Apa alternatif pemecahan masalah dari kasus pembelajaran di atas? Mengapa hasil karya anak-anak tidak sesuai dengan harapannya? Berikan penjelasan. a. Rancanglah pembelajaran untuk memperbaiki pembelajaran yang dilakukan oleh ibu Weka berdasarkan skenario pembelajarannya. Catatan: Konten ini berfokus pada peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai.