Membangun Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendidikan
A. Standar Kompetensi : Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
B. Kompetensi Dasar : Memahami arti pentingnya kedisiplinan, kejujuran, kerja keras, dan anti korupsi dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Indikator :
1. Mampu menjelaskan makna dan pentingnya perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi.
2. Mampu menunjukkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mampu mengidentifikasi contoh perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi di lingkungan sekitar.
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu memahami arti dan pentingnya perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi.
2. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi di lingkungan sekitar.
Kegiatan Pendahuluan:
- Diskusi tentang arti dan pentingnya perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
- Menyajikan cerita atau kasus nyata yang menunjukkan dampak positif dari perilaku tersebut.
Kegiatan Inti:
- Simulasi permainan peran untuk menunjukkan bagaimana perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dapat diterapkan dalam situasi nyata.
- Diskusi kelompok tentang contoh-contoh perilaku tersebut di lingkungan sekitar.
Kegiatan Penutup:
- Refleksi bersama tentang pembelajaran hari ini dan bagaimana peserta didik dapat menerapkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
Rancangan Penilaian Proses dan Hasil Belajar:
- Observasi terhadap partisipasi peserta didik dalam diskusi dan kegiatan simulasi.
- Penugasan reflektif tentang pengalaman penerapan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.