Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Desain Ular Tangga Interaktif

essays-star 4 (298 suara)

Setelah mempelajari mata kuliah design thinking dan berinteraksi langsung dengan siswa di sekolah tempat PPL, saya menyadari bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran menjadi perhatian utama. Selama fase emphatize, saya melakukan wawancara mendalam dengan siswa namun mereka cenderung pasif dan kurang aktif. Hal ini menimbulkan pertanyaan dalam pikiran saya tentang bagaimana meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Setelah melalui fase prototype dan testing, saya dan tim merancang sebuah permainan ular tangga yang berisi soal materi suhu dan kalor. Tujuan kami adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif sehingga siswa dapat lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Ketika kami memperkenalkan permainan ular tangga kepada siswa, kami melihat antusiasme yang luar biasa dari mereka. Mereka sangat senang dan bersemangat untuk bermain. Setiap kali mereka menjawab dengan benar, mereka dapat maju ke tangga berikutnya. Ini memberikan motivasi tambahan bagi mereka untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Melalui permainan ini, kami berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif. Siswa tidak lagi merasa bosan atau terbebani dengan materi pelajaran. Mereka merasa terlibat dan bersemangat untuk belajar lebih banyak. Partisipasi siswa meningkat secara signifikan dan mereka menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dalam kesimpulan, desain ular tangga interaktif telah membantu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Melalui pendekatan ini, siswa merasa lebih terlibat dan antusias dalam belajar. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan desain yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa.