Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penerapan Arti MBB

essays-star 4 (238 suara)

Pendahuluan

Profesionalisme guru merupakan aspek penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu cara untuk mengembangkan profesionalisme guru adalah melalui penerapan arti MBB (Menjadi, Berbuat, dan Berarti). MBB adalah konsep yang menggambarkan proses menjadi guru yang profesional, melakukan tugas dengan baik, dan memberikan arti atau dampak positif bagi siswa dan masyarakat. Artikel ini akan membahas strategi pengembangan profesionalisme guru melalui penerapan arti MBB.

Menjadi: Membangun Identitas Profesional

Pertama, "Menjadi" merujuk pada proses pembentukan identitas profesional guru. Strategi yang dapat diterapkan adalah melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan. Guru harus terus menerus belajar dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan mereka. Selain itu, guru juga perlu membangun sikap profesional seperti dedikasi, integritas, dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab mereka.

Berbuat: Melaksanakan Tugas dengan Baik

Kedua, "Berbuat" berarti melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru dengan baik. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif. Guru harus mampu merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Selain itu, guru juga harus mampu menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar siswa.

Berarti: Memberikan Dampak Positif

Ketiga, "Berarti" berarti memberikan dampak positif bagi siswa dan masyarakat. Strategi yang dapat diterapkan adalah dengan menjadi role model atau teladan bagi siswa. Guru harus mampu menunjukkan perilaku dan sikap yang positif yang dapat ditiru oleh siswa. Selain itu, guru juga harus aktif dalam kegiatan masyarakat dan berkontribusi dalam pengembangan masyarakat.

Penutup

Pengembangan profesionalisme guru melalui penerapan arti MBB merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui proses "Menjadi", guru dapat membangun identitas profesional mereka. Melalui "Berbuat", guru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik. Dan melalui "Berarti", guru dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan masyarakat. Dengan demikian, penerapan arti MBB dapat membantu guru untuk menjadi lebih profesional dan berkontribusi lebih banyak dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat.