Implementasi Permainan Dadu Huruf dalam Pembelajaran Mengenal Huruf Vokal, Konsonan, dan Konsep Ruang
Pendahuluan: Implementasi permainan dadu huruf dalam pembelajaran mengenal huruf vokal, konsonan, dan konsep ruang memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan anak dalam mengenal huruf dan memahami konsep ruang. Bagian: ① Implementasi Permainan Dadu Huruf: Pada hari ketiga, dilakukan implementasi permainan dadu huruf dengan melibatkan 15 anak. Kegiatan dimulai dari jam 08.00 - 09.30 dengan pembukaan berbaris dan istirahat. Kemudian pada jam 10.00 - 11.00, dilakukan kegiatan inti dengan menjelaskan media pembelajaran yang digunakan, konsep pembelajaran huruf vokal, konsonan, dan konsep ruang, serta mengajak anak untuk bernyanyi. ② Hasil Uji Praktikalitas: Data hasil lembar praktikalitas menunjukkan bahwa permainan dadu huruf dinilai praktis dalam penggunaan, waktu, dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap huruf vokal, konsonan, dan konsep ruang. Kesimpulan: Implementasi permainan dadu huruf dalam pembelajaran mengenal huruf vokal, konsonan, dan konsep ruang merupakan metode yang efektif dan praktis dalam meningkatkan keterampilan anak.