Aktivitas Siswa: Wawancara dengan Narasumber Lokal
1. Pembentukan Kelompok Dalam kegiatan ini, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 hingga 5 anggota. Pembentukan kelompok bertujuan untuk mendorong kerja sama dan kolaborasi di antara siswa. 2. Persiapan Wawancara Setelah terbentuk kelompok, siswa diarahkan untuk melakukan wawancara dengan narasumber lokal. Topik wawancara dapat mencakup wirausaha, budaya, atau lingkungan. Narasumber idealnya adalah tokoh yang berpengaruh di lingkungan sekitar siswa. 3. Pelaksanaan Wawancara Siswa melakukan wawancara dengan narasumber menggunakan panduan yang telah disusun sebelumnya. Panduan ini membantu siswa dalam menyusun pertanyaan dan mencatat jawaban narasumber dengan sistematis. 4. Penulisan Hasil Wawancara Setelah wawancara selesai, siswa menulis hasil wawancara dengan menggunakan bahasa krama. Penulisan ini dilakukan untuk menghormati narasumber dan memastikan bahwa hasil wawancara disampaikan dengan cara yang sopan dan sesuai adat. 5. Presentasi kepada Guru Terakhir, siswa menyajikan hasil wawancara mereka kepada gurunya. Presentasi ini memungkinkan siswa untuk berbagi pengetahuan yang telah mereka peroleh dari wawancara dan mendapatkan umpan balik dari guru. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang topik yang dipilih, tetapi juga mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan penelitian. Selain itu, kegiatan ini juga membantu siswa untuk lebih menghargai dan memahami lingkungan sekitar mereka.