Pengaruh Media Augmented Reality Berbasis Smartphone dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media augmented reality berbasis smartphone dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Dalam penelitian ini, dilakukan uji t untuk menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttes dan pretest dalam kemampuan literasi anak usia dini setelah menggunakan media augmented reality. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttes dan pretest dalam kemampuan literasi anak usia dini setelah menggunakan media augmented reality. Nilai signifikansi hasil posttes (0.000) lebih kecil daripada nilai pretest (0.05), menunjukkan bahwa penggunaan media augmented reality berbasis smartphone memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Penemuan ini menunjukkan bahwa media augmented reality berbasis smartphone dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Dengan menggunakan teknologi ini, anak-anak dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan, yang dapat meningkatkan minat mereka dalam membaca dan menulis. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan media augmented reality berbasis smartphone harus tetap diawasi dan dibatasi. Orang tua dan pendidik perlu memastikan bahwa anak-anak menggunakan teknologi ini dengan bijak dan dalam batas yang wajar. Selain itu, penggunaan media augmented reality juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak, serta diintegrasikan dengan metode pembelajaran yang lain. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media augmented reality berbasis smartphone memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Dengan memanfaatkan teknologi ini dengan bijak, kita dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan literasi mereka sejak dini, yang akan memberikan pondasi yang kuat untuk kesuksesan mereka di masa depan.