Membuat Diskusi Kelompok Terarah (FGD) terkait Kurikulum Merdeka: Peran Guru dan Kepala Sekolah\x0a\x0a2.
Pendahuluan: FGD merupakan metode yang efektif untuk mendapatkan masukan dan ide dari guru dan kepala sekolah terkait kurikulum merdeka.
3. Bagian:
① Bagian pertama: Pentingnya FGD dalam Kurikulum Merdeka
- Membahas keuntungan dari diskusi kelompok terarah dalam mencapai tujuan kurikulum merdeka.
- Menyoroti peran guru dan kepala sekolah dalam mengorganisir FGD.
② Bagian kedua: Persiapan yang Diperlukan
- Membahas persiapan yang harus dilakukan sebelum FGD, seperti menentukan topik, menyiapkan materi, dan memilih peserta.
- Menyoroti peran guru dan kepala sekolah dalam mempersiapkan FGD.
③ Bagian ketiga: Proses Diskusi
- Membahas langkah-langkah yang harus dilakukan selama FGD, seperti memandu diskusi, mendengarkan dengan seksama, dan mencatat hasil diskusi.
- Menyoroti peran guru dan kepala sek dalam menjalankan diskusi.
④ Bagian keempat: Analisis Hasil Diskusi
- Membahas bagaimana menghasilkan laporan dari hasil diskusi.
- Menyoroti peran guru dan kepala sekolah dalam menganalisis hasil diskusi.
4. Kesimpulan: Dengan melibatkan guru dan kepala sekolah dalam proses FGD terkait kurikulum merdeka, kita dapat mencapai tujuan pendidikan dengan lebih efektif.