Membuat Diskusi Kelompok Terarah (FGD) terkait Kurikulum Merdeka: Peran Guru dan Kepala Sekolah\x0a\x0a2.

essays-star 4 (244 suara)

Pendahuluan: FGD merupakan metode yang efektif untuk mendapatkan masukan dan ide dari guru dan kepala sekolah terkait kurikulum merdeka.

3. Bagian:

① Bagian pertama: Pentingnya FGD dalam Kurikulum Merdeka

- Membahas keuntungan dari diskusi kelompok terarah dalam mencapai tujuan kurikulum merdeka.

- Menyoroti peran guru dan kepala sekolah dalam mengorganisir FGD.

② Bagian kedua: Persiapan yang Diperlukan

- Membahas persiapan yang harus dilakukan sebelum FGD, seperti menentukan topik, menyiapkan materi, dan memilih peserta.

- Menyoroti peran guru dan kepala sekolah dalam mempersiapkan FGD.

③ Bagian ketiga: Proses Diskusi

- Membahas langkah-langkah yang harus dilakukan selama FGD, seperti memandu diskusi, mendengarkan dengan seksama, dan mencatat hasil diskusi.

- Menyoroti peran guru dan kepala sek dalam menjalankan diskusi.

④ Bagian keempat: Analisis Hasil Diskusi

- Membahas bagaimana menghasilkan laporan dari hasil diskusi.

- Menyoroti peran guru dan kepala sekolah dalam menganalisis hasil diskusi.

4. Kesimpulan: Dengan melibatkan guru dan kepala sekolah dalam proses FGD terkait kurikulum merdeka, kita dapat mencapai tujuan pendidikan dengan lebih efektif.