Pengaruh Modul Discovery Learning pada Materi Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Karakter Sisw
Pendahuluan: Pendidikan matematika adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan siswa. Kemampuan pemahaman matematis yang baik tidak hanya membantu siswa dalam memahami konsep matematika, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan karakter mereka. Oleh karena itu, penting untuk mencari metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman matematis dan karakter siswa. Salah satu metode yang menarik untuk dicoba adalah modul discovery learning. Artikel ini akan membahas pengaruh modul discovery learning pada materi geometri dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan karakter siswa. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X di sebuah sekolah menengah di kota XYZ. Sampel dipilih secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan modul discovery learning dalam pembelajaran geometri, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman matematis dan karakter siswa sebelum dan setelah intervensi. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul discovery learning dalam pembelajaran geometri memiliki pengaruh positif yang signifikan pada kemampuan pemahaman matematis siswa. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam skor tes pemahaman matematis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, penggunaan modul discovery learning juga berdampak positif pada perkembangan karakter siswa. Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan dalam aspek karakter seperti kerja sama, kemandirian, dan kepercayaan diri. Diskusi: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan karakter siswa. Metode ini memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, mendorong mereka untuk menemukan dan memahami konsep matematika sendiri. Selain itu, modul discovery learning juga membantu siswa mengembangkan karakter yang positif, seperti kerja sama dan kemandirian. Oleh karena itu, disarankan agar guru-guru matematika mempertimbangkan penggunaan modul discovery learning dalam pembelajaran geometri. Kesimpulan: Penggunaan modul discovery learning dalam pembelajaran geometri memiliki pengaruh positif yang signifikan pada kemampuan pemahaman matematis dan karakter siswa. Metode ini memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan membantu mereka mengembangkan karakter yang positif. Oleh karena itu, disarankan agar guru-guru matematika mempertimbangkan penggunaan modul discovery learning dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan pemahaman matematis dan karakter siswa.