Hukum Berbekam dalam Perspektif Fiqih Islam

essays-star 4 (199 suara)

Berbekam, sebuah metode pengobatan tradisional yang telah dipraktikkan selama berabad-abad, memiliki tempat khusus dalam ajaran Islam. Praktik ini, yang melibatkan pengeluaran darah kotor dari tubuh, tidak hanya dikenal sebagai metode penyembuhan, tetapi juga memiliki signifikansi spiritual dalam tradisi Muslim. Artikel ini akan mengeksplorasi hukum berbekam dalam perspektif fiqih Islam, menyelami berbagai pandangan ulama, dalil-dalil yang mendasarinya, serta implikasi praktisnya bagi umat Muslim.

Definisi dan Sejarah Berbekam dalam Islam

Berbekam, atau dalam bahasa Arab dikenal sebagai 'hijamah', adalah metode pengobatan yang melibatkan pengeluaran darah kotor dari tubuh melalui penyayatan kulit. Praktik berbekam memiliki akar yang dalam dalam sejarah Islam. Nabi Muhammad SAW sendiri diketahui telah melakukan dan merekomendasikan berbekam sebagai metode pengobatan. Hadits-hadits sahih mencatat bahwa Rasulullah SAW pernah berbekam dan menyatakan keutamaannya. Hal ini menjadikan berbekam tidak hanya sebagai metode pengobatan biasa, tetapi juga sebagai sunnah yang memiliki nilai ibadah dalam perspektif fiqih Islam.

Dalil-dalil Syar'i tentang Berbekam

Dalam fiqih Islam, hukum berbekam didasarkan pada berbagai dalil dari Al-Qur'an dan Hadits. Meskipun tidak ada ayat Al-Qur'an yang secara eksplisit menyebutkan berbekam, namun terdapat banyak hadits yang membahas tentang praktik ini. Salah satu hadits yang sering dijadikan rujukan adalah riwayat dari Ibnu Abbas RA, di mana Nabi Muhammad SAW bersabda, "Kesembuhan itu ada pada tiga hal: minum madu, sayatan alat bekam, dan kay api. Dan aku melarang umatku dari kay." (HR. Bukhari). Hadits ini dan beberapa hadits lainnya menjadi landasan kuat bagi para ulama dalam membahas hukum berbekam dalam fiqih Islam.

Pandangan Ulama tentang Hukum Berbekam

Para ulama memiliki beragam pendapat mengenai hukum berbekam dalam Islam. Mayoritas ulama berpendapat bahwa berbekam hukumnya adalah sunnah, berdasarkan hadits-hadits yang menunjukkan Nabi Muhammad SAW melakukan dan menganjurkan praktik ini. Beberapa ulama bahkan menganggap berbekam sebagai pengobatan yang sangat dianjurkan, terutama pada waktu-waktu tertentu yang disebutkan dalam hadits. Namun, ada juga sebagian ulama yang berpendapat bahwa berbekam hukumnya mubah (boleh), dengan alasan bahwa ini adalah salah satu bentuk ikhtiar dalam berobat yang tidak wajib dilakukan.

Waktu dan Kondisi yang Dianjurkan untuk Berbekam

Dalam perspektif fiqih Islam, terdapat waktu-waktu tertentu yang dianggap lebih utama untuk melakukan berbekam. Beberapa hadits menyebutkan bahwa hari-hari ganjil, seperti hari ke-17, 19, atau 21 bulan Hijriyah, adalah waktu yang baik untuk berbekam. Selain itu, ada juga hadits yang menyebutkan bahwa berbekam paling baik dilakukan pada pertengahan bulan. Namun, para ulama juga menekankan bahwa berbekam dapat dilakukan kapan saja ketika diperlukan untuk pengobatan, tidak terbatas pada waktu-waktu tertentu saja.

Etika dan Adab Berbekam dalam Islam

Fiqih Islam juga membahas tentang etika dan adab dalam melakukan berbekam. Beberapa hal yang dianjurkan antara lain: membaca basmalah sebelum memulai, memilih tukang bekam yang mahir dan amanah, serta menjaga kebersihan dan kesucian selama proses berbekam. Selain itu, dianjurkan juga untuk tidak berbekam dalam keadaan kenyang atau terlalu lapar. Para ulama juga menekankan pentingnya niat yang benar dalam berbekam, yaitu sebagai bentuk ikhtiar dalam berobat dan mengikuti sunnah Nabi.

Berbekam dan Puasa

Salah satu aspek penting dalam pembahasan fiqih tentang berbekam adalah hubungannya dengan ibadah puasa. Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai apakah berbekam membatalkan puasa atau tidak. Sebagian ulama berpendapat bahwa berbekam membatalkan puasa berdasarkan hadits yang menyatakan, "Batal puasa orang yang membekam dan yang dibekam." (HR. Abu Dawud). Namun, sebagian ulama lain berpendapat bahwa berbekam tidak membatalkan puasa, dengan alasan bahwa hadits tersebut telah di-nasakh (dihapus hukumnya) oleh hadits lain yang menunjukkan Nabi berbekam saat berpuasa.

Manfaat Medis dan Spiritual Berbekam

Dalam perspektif fiqih Islam, berbekam tidak hanya dilihat sebagai metode pengobatan fisik, tetapi juga memiliki dimensi spiritual. Banyak ulama yang menekankan bahwa berbekam, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui pengamalan sunnah Nabi. Dari segi medis, berbekam dipercaya dapat membantu mengeluarkan toksin dari tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meredakan berbagai keluhan kesehatan. Sementara dari segi spiritual, berbekam dianggap sebagai bentuk ikhtiar dalam menjaga kesehatan yang sejalan dengan ajaran Islam.

Berbekam, dalam perspektif fiqih Islam, memiliki posisi yang unik sebagai praktik pengobatan yang juga memiliki nilai ibadah. Meskipun terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai beberapa aspek hukumnya, mayoritas sepakat bahwa berbekam adalah sunnah yang dianjurkan. Pemahaman yang mendalam tentang hukum berbekam dalam fiqih Islam tidak hanya penting bagi mereka yang ingin mempraktikkannya, tetapi juga bagi umat Muslim secara umum sebagai bagian dari pengetahuan tentang syariat Islam yang komprehensif. Dengan memahami aspek-aspek fiqih dari berbekam, umat Muslim dapat menjalankan praktik ini dengan lebih bijaksana dan sesuai dengan tuntunan agama.