Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas II SD Negeri Cijanggel
Pendahuluan: Metode kooperatif tipe Jigsaw adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan metode ini terhadap hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Cijanggel. Bagian: ① Latar Belakang: Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, belum ada penelitian yang menguji pengaruh metode ini di kelas II SD Negeri Cijanggel. ② Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Cijanggel. ③ Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode kooperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. ④ Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Cijanggel. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep perkalian dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Kesimpulan: Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Cijanggel. Metode ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.