Analisis Statistik pada Nilai Ulangan Harian Matematika Sisw

essays-star 4 (154 suara)

Pada artikel ini, kita akan menganalisis data nilai ulangan harian matematika dari 20 siswa di sebuah kelas. Data yang diberikan adalah sebagai berikut: 78, 85, 89, 72, 75, 88, 80, 90, 84, 77, 86, 74, 91, 82, 79, 88, 76, 85, 83, 85. a. Mean Pertama-tama, kita akan mencari mean atau rata-rata dari data tersebut. Mean dapat dihitung dengan menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah data. Dalam hal ini, jumlah nilai adalah 20. Setelah menjumlahkan semua nilai, kita dapat membaginya dengan 20 untuk mendapatkan mean. b. Median Selanjutnya, kita akan mencari median atau nilai tengah dari data tersebut. Median dapat dihitung dengan mengurutkan semua nilai dari yang terkecil hingga yang terbesar, lalu mencari nilai tengah. Jika jumlah data ganjil, maka median adalah nilai tengah. Jika jumlah data genap, maka median adalah rata-rata dari dua nilai tengah. c. Modus Selanjutnya, kita akan mencari modus atau nilai yang paling sering muncul dalam data tersebut. Modus dapat dihitung dengan melihat frekuensi kemunculan setiap nilai, lalu mencari nilai dengan frekuensi tertinggi. d. Kuartil 3 Kuartil 3 adalah nilai yang membagi data menjadi dua bagian, di mana 75% data berada di bawahnya dan 25% data berada di atasnya. Untuk mencari kuartil 3, kita dapat mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, lalu mencari nilai pada posisi 75% dari jumlah data. e. Persentil 30 Persentil 30 adalah nilai yang membagi data menjadi dua bagian, di mana 30% data berada di bawahnya dan 70% data berada di atasnya. Untuk mencari persentil 30, kita dapat mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, lalu mencari nilai pada posisi 30% dari jumlah data. f. Tabel Distribusi Frekuensi Selanjutnya, kita akan membuat tabel distribusi frekuensi untuk data tersebut. Tabel ini akan menunjukkan frekuensi kemunculan setiap nilai dalam data. g. Range Range adalah selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil dalam data. Untuk mencari range, kita dapat mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, lalu mengurangi nilai terkecil dari nilai terbesar. h. Simpangan Rata-rata Simpangan rata-rata adalah ukuran seberapa jauh setiap nilai dalam data dari mean. Untuk mencari simpangan rata-rata, kita dapat mengurangi setiap nilai dalam data dengan mean, lalu menjumlahkan hasilnya dan membaginya dengan jumlah data. i. Variansi Variansi adalah ukuran seberapa tersebar data dalam kumpulan nilai. Untuk mencari variansi, kita dapat mengurangi setiap nilai dalam data dengan mean, lalu mengkuadratkannya, menjumlahkan hasilnya, dan membaginya dengan jumlah data. j. Standar Deviasi Standar deviasi adalah akar kuadrat dari variansi. Untuk mencari standar deviasi, kita dapat mengakarkan hasil variansi. Dengan menganalisis data nilai ulangan harian matematika siswa, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang distribusi nilai dan karakteristik data tersebut.