Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Proses Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Gerak dan Gay

essays-star 4 (312 suara)

Pendahuluan: Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif yang kuat. Kemampuan ini tidak hanya berguna dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Engineering Design Proses terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gerak dan gaya. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dari sebuah sekolah menengah di daerah perkotaan. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran Engineering Design Proses terintegrasi STEM, sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif sebelum dan setelah perlakuan. Hasil Penelitian: Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti model pembelajaran Engineering Design Proses terintegrasi STEM mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif mereka. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gerak dan gaya. Diskusi: Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dijelaskan oleh karakteristik model pembelajaran Engineering Design Proses terintegrasi STEM. Model ini mendorong siswa untuk berpikir secara kritis, mengidentifikasi masalah, merancang solusi, dan menguji ide-ide mereka. Selain itu, integrasi STEM dalam model pembelajaran juga memberikan konteks yang relevan dan nyata bagi siswa, sehingga meningkatkan motivasi dan minat mereka dalam belajar. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Engineering Design Proses terintegrasi STEM memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gerak dan gaya. Model ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di bidang STEM. Oleh karena itu, disarankan agar model pembelajaran ini diterapkan secara luas dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan persiapan siswa menghadapi tantangan masa depan.